Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak

Tersedak hal yang lumrah terjadi, tapi apa yang harus kita lakukan jika yang tersedak itu anak kita. Tentu panik akan datang kepada kita, tapi ketika Anda selesai membaca ulasan dari danta-article ini. Dijamin panik yang datang kepada Anda tidak akan pernah datang kembali jika anak tersedak.

Pertolongan Pertama Jika Anak Tersedak

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Tersedak

Pukul punggung anak tepat di antara tulang belikat untuk mengeluarkan objek penyebab tersedak (kudapan). Tepukan yang tepat pada punggung, akan menciptakan getaran yang kuat dan tekanan dalam saluran pernapasan,
yang akan mengeluarkan penyumbatan. Sehingga memungkinkan mereka untuk bernapas lagi.

Peluk anak dari belakang dan letakkan tangan kita tepat di antara rongga di bawah dada. Lalu berikan entakan untuk menarik anak dalam pelukan kita. Hal ini juga dapat membuat saluran pernapasan kembali normal.

Hal yang Sering Ditanyakan Jika Anak Tersedak

a. Apa yang harus saya lakukan jika pukulan pada punggung tidak bekerja? Jika kita telah melakukan lima kali pukulan pada punggung, namun tidak mengusir objek penyebab tersedak dan anak tidak bernapas normal kembali, maka berdirilah di belakang mereka. Peluklah anak dari belakang dan letakkan tangan Anda di sekitar perut mereka dengan membentuk kepalan. Tarik tangan Anda ke dalam dan berikan entakan. Ulangi hingga lima kali. Tindakan ini disebut “Manuver Heimlich” atau dorongan pada perut. Jangan mencoba teknik ini pada anak berusia di bawah satu tahun.

b. Apakah jika seorang anak tersedak, saya harus menggantung mereka terbalik dengan memegang kaki mereka? Tidak cara ini tidak efektif dan dapat menyebabkan cedera lebih lanjut jika kita secara kebetulan menjatuhkan mereka. Jika seorang anak tersedak, yang harus kita lakukan adalah tindakan yang telah dijelaskan di atas (poin a).

Post Author: Thicas Cantika